Senin

KURIKULUM WIRAUSAHA PERLU DI PERKENALKAN KEPADA SISWA SEJAK SD

BUTUH GURU LES PRIVAT KE RUMAH?


Pendidikan kewirausahaan perlu diberikan kepada siswa sejak kecil. Dengan demikian, pengembangan kemampuan berwirausaha bisa dimulai sejak dini untuk menciptakan generasi muda yang mandiri.

Iwan Kahfi, Marketing and Customer Director Prasetiya Mulya Businees School berkata, selama  perkembangan sekitar 30 tahun ini, kami (Sekolah Bisnis Prasetiya Mulya) yakin bahwa pengembangan kurikulum wirausaha perlu dilakukan agar murid-murid nantinya dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. jadi murid-murid tidak perlu mencari kerja setelah lulus sekolah.

"Kami berharap kontribusi Prasetiya Mulya dalam menghasilkan pengusaha muda bisa terus membantu roda perekonomian di Indonesia," kata Iwan saat membuka acara Media Gathering di FX Lifestyle Centre, Senayan, Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Tim sudah mengunjungi sekitar lima sekolah untuk mengampanyekan pendidikan kewirausahaan di kalangan siswa sekolah menengah atas di tiga daerah di Jawa. Pengembangan pendidikan kewirausahaan, termasuk untuk anak-anak dan remaja, dikembangkan lebih lanjut melalui kompetisi menulis tentang pengembangan wirausaha bagi para jurnalis dan masyarakat umum. Kompetisi menulis tentang kontribusi pendidikan kewirausahaan ini dibagi menjadi dua, yaitu kompetisi blogging  untuk kalangan masyarakat umum dan kompetisi menulis untuk para jurnalis.

Melalui pendidikan kewirausahaan, Iwan berharap pergerakan roda ekonomi Indonesia bisa terus berjalan dengan baik dengan munculnya orang-orang yang siap bersaing di dunia bisnis.

SEORANG KEPALA SEKOLAH DIUSIR SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN)

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA BUTUH GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



seorang kepala sekolah di daerah Polewali Mandar, Sulawesi Barat diusir oleh siswa-siswanya karena dia dituduh sering menggunakan cara-cara kekerasan dalam mendidik para siswanya.
Seperti layaknya pelaku kejahatan, kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Matakali, Polewali Mandar, Hj. Ruaedah paksa ratusan siswa agar keluar dari ruang kerjanya, Senin (22/10) siang tadi. Kantor sekolah tempatnya bekerja dikepung siswa sambil berorasi meminta sang kepala sekolah untuk meninggalkan sekolah. Para siswa mengaku tak bisa menerima kepemimpinan Ruaedah karena kerap menggunakan praktik kekerasan dalam mendidik siswa di sekolah.
Anehnya, ulah siswa mengusir guru dan kepala sekolahnya sendiri ini tampak dibiarkan oleh guru-guru lain. Para siswa menghujat sang kepala sekolah layaknya menghina teman sendiri. Sementara para guru tampak hanya tersenyum.
Meski hampir dua jam didemo siswa di kantornyanya, Ruadeh memilih mengurung diri di ruangan kerjanya. Saat bergegas meninggalkan sekolah menuju mobilnya, Ruaedah tampak terburu-buru untuk menghindari para siswanya.
Sebelummya, Ruaedah menyatakan baru akan bersedia mundur setelah menjelaskan sejumah tudingan yang dialamatkan padanya.

PELAJARAN BAHASA INGGRIS TIDAK BOLEH DIHAPUS DALAM KURIKULUM YANG BARU

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA BUTUH GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) menentang rencana penghapusan mata pelajaran bahasa inggris dari kurikulum sekolah dasar (SD). Retno Listyarti, Sekretaris Jenderal FSGI, mengatakan mata pelajaran Bahasa Inggris tidak boleh dihapus karena siswa SD sangat butuh pengenalan dasar berbahasa asing sejak dini.

“Harus tetap ada, tetapi substansinya yang diubah,” ujar Retno setelah menggelar Deklarasi Anti Korupsi di SMA Negeri 13 Jakarta Utara, Jumat (19/10/2012)

Perubahan substansi yang dimaksudnya adalah dengan menyesuaikan materi pelajaran Bahasa Inggris untuk SD dengan tingkatan usia anak.

"Anak seusia SD belum perlu belajar grammar atau tenses-nya. Tetapi, pelajaran Bahasa Inggris harus dibuat menyenangkan dan menarik buat siswa. Contohkan pengenalan kosa kata Bahasa Inggris yang sederhana yang dekat dengan mereka, semisal pengenalan tubuh dan benda-benda lainnya," jelasnya lagi.

Selain itu, Retno juga menghawatirkan nasib para guru Bahasa Inggris SD yang jumlahnya tidak sedikit itu akan kehilangan pekerjaan atau bagiannya. Dia mengakui, kebijakan penghapusan pelajaran tersebut seperti ditunggangi dengan adanya kepentingan lain.

"Saya curiga, penghapusan bahasa internasional tersebut untuk membesarkan tempat les Bahasa Inggris yang mulai tidak laku itu. Nanti anak-anak akan lari kemana kalau bukan ke lembaga-lembaga kursus," katanya. 

Minggu

KEPOPULERAN BAHASA INDONESIA DI AUSTRALIA SEMAKIN MENURUN TAJAM

BUTUH GURU PRIVAT KE RUMAH?


minat orang australia (dan orang asing lainnya) yang ada di australia terhadap bahasa Indonesia semakin menurun dari tahun ke tahun. hal ini disebabkan oleh iklim politik antara indonesia dan australia kurang kondusif dalam hal sastra dan budaya, selain itu penyebab lainnya yakni karena semakin meningkatnya penggunaan bahasa Inggris di Indonesia. Akibatnya, warga Australia tak lagi memandang penting bahasa Indonesia.
walaupun secara suku mereka merupakan ras eropa akan tetapi secara geografis mereka lebih dekat dengan indonesia sehingga mereka mengakui pentingnya bahasa indonesia. hal ini sangat disayangkan sekali

George Quinn, pengajar Budaya, Sejarah, dan Bahasa dari Australian National University, mengungkapkan hal itu di Salatiga, Jawa Tengah, Selasa (2/10). Quinn yang merupakan Ketua Australian Society of Indonesian Language Educators datang ke Salatiga menghadiri Konferensi Internasional Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

Quinn menyebut realitas itu sebagai permasalahan serius di Australia selama 10 tahun terakhir. ”Dari TK hingga setingkat SMA di Australia setiap tahun kehilangan 10.000 siswa yang memutuskan keluar dari kelas Bahasa Indonesia. Di universitas, peminat bahasa Indonesia turun 37 persen dibandingkan 10 tahun lalu,” katanya.

Di Australia, Bahasa Indonesia selama ini masuk dalam kurikulum nasional, tetapi sifatnya pilihan. Quinn mengatakan, Bahasa Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Bahasa Jepang dan Perancis yang banyak dipilih siswa. Sejak dulu, Bahasa Indonesia menduduki peringkat yang sama, tetapi kini jumlahnya peminatnya merosot.

Tidak hanya di Australia, bahasa Indonesia juga dipelajari banyak warga dari Jepang, Korea, China, Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Inggris, Meksiko, Italia, dan Uzbekistan.

Ketua Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Nyoman Riasa mengakui, semangat untuk mempelajari bahasa Inggris di Indonesia lebih tinggi ketimbang bahasa Indonesia. Dalam ujian nasional, misalnya, rata-rata nilai Bahasa Inggris justru lebih tinggi dibandingkan dengan Bahasa Indonesia. ”Padahal, banyak warga asing yang justru tertarik belajar bahasa Indonesia,” tutur Nyoman. (UTI) 

Senin

PEMERINTAH AKAN MENYELESAIKAN KURIKULUM SEKOLAH BARU PADA AKHIR DESEMBER 2012

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA BUTUH GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



Musliar Kasim, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) mengatakan, kurikulum pendidikan yang baru akan segera diselesaikan pada akhir tahun 2012.
"Proses penyusunan kurikulum terus dilakukan, saat ini sudah mencapai seperempat bagian. Akhir 2012 dipastikan sudah selesai," kata Wamendikbud pada saat pembukaan TOT Pembentukan Karakter pada Guru dan Kepala Sekolah di Bandung, Minggu (21/10/2012).
Tahun depan sudah ada buku dan penataan di beberapa sektor sehingga bisa digulirkan pada tahun ajaran baru 2013.
Meski demikian, dalam prosesnya masih terus menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat, pakar, dan juga dari beberapa stakeholder pendidikan di Indonesia.
Salah satunya yang mendapat respons dari masyarakat adalah terkait penyederhanaan kurikulum, termasuk melakukan pemadatan pada mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.
"Penyederhanaan kurikulum menjadi salah satu yang mendapat respons cukup signifikan, termasuk adanya pengurangan mata pelajaran seperti di tingkat SD," katanya.
Hal itu untuk merespons adanya pendapat yang menyebutkan bahwa anak dijejali banyak pelajaran sehingga dilakukan penyesuaian dalam kurikulum baru.
Musliar mencontohkan, dalam kurikulum baru untuk tingkat SD diwacanakan hanya ada enam mata pelajaran, yakni Agama, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
"IPA tidak ada, dalam kurikulum baru ilmu pengetahuan akan diintegrasikan dengan pelajaran lain, termasuk salah satunya ilmu bahasa dikemas dalam konteks yang lebih menarik," katanya.
Penjaskes juga diintegrasikan dengan penerapan nilai dan karakter, mendorong kerja keras dan cinta Tanah Air.
"Ini kesempatan menata kurikulum, jangan sampai ada istilah siswa terbebani. Mereka bersekolah, tetapi tetap bisa menikmati masa kanak-kanak," kata Musliar.
Dalam kurikulum baru, kata dia, peserta didik didorong untuk mengenali lingkungan sekitarnya dan potensi masing-masing.
Di sisi lain, kata Wamendikbud, model implementasinya juga masih akan dibahas kembali.
"Implementasinya belum disepakati, untuk tingkatan SD hingga perguruan tinggi, apakah ploting-nya di sekolah kabupaten atau provinsi. Masih akan disusun dan disepakati. Saya sendiri tidak sabar menunggu 2013, seperti apa sekolah-sekolah menerapkan kurikulum baru itu," kata Wamendikbud.