Jumat

SMA AL AZHAR 1 - JAKARTA SELATAN



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Sekolah yang didirikan pada tanggal 30 Januari 1973 ini memiliki ciri khas dengan letaknya yang berdampingan dengan mesjid Agung Al Azhar. Setelah diresmikan oleh Prof. Fuad Hassan dan Munawir Sjadzali (Mendikbud dan Menteri Agama pada saat itu) pada tanggal 17 Oktober 1986, SMA Al Azhar terus mengalami perkembangan fisik. Dan terhitung semenjak tahun 2001-2002 sekolah ini pun mulai menempati gedung baru berlantai 8 yang peresmiannya dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta pada saat itu.

Selain itu, dalam pelaksanaan kurikulumnya, SMA yang terletak di jalan Sisingamangaraja Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini berhasil membuktikan prestasinya dengan meraih beberapa predikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang antara lain:
  • Menjadi Sekolah Pendamping Unggulan (SPU) pada tahun 1994
  • Menjadi Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI) pada tahun 2004
  • Menjadi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI)
Seiring dengan tujuannya demi mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang kondusif dan representative bagi kelancaran dan perkembangan proses kegiatan belajar mengajar, SMA Al Azhar juga terus berupaya melengkapi berbagai fasilitasnya yang meliputi;
  1. Ruang belajar terdiri dari 12 kelas dilengkapi alat pendingin udara (AC) dengan rata-rata jumlah murid untuk setiap kelasnya sebanyak 35 orang.
  2. Laboratorium Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa, Komputer, dan Musik.
>  Laboratorium Fisika
Fasilitas yang dimiliki antara lain berupa: alat-alat ukur, kinematika, set elastisitas, set ayunan sederhana, optic, gerak untuk kinematika dan dinamika, dan lain-lain.
>  Laboratorium Kimia
Fasilitas yang dimiliki antara lain adalah: buret, alat uji elektrolit, calorimeter , tabung raksi, dan lain lain.

>  Laboratorium Biologi
Fasilitas yang dimiliki mikroskop, tabung difusi osmosis, tabung reaksi, gelas ukur, dan lain- lain.
>  Laboratorium Bahasa
Fasilitas ini tersedia untuk mempertajam kemampuan para siswa dalam pelajaran bahasa, yang umumnya adalah bahasa inggris. Fasilitas ini baru selesai dibangun sekitar tahun 2008.
>  Laboratorium Komputer
>  Laboratorium Musik
Fasilitas ini tersedia untuk memberikan kelengkapan dan kemudahan bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat untuk mempelajari serta memperdalam ilmu musik. Fasilitas ini juga merupakan fasilitas terbaru yang selesai dibangun sekitar tahun 2008.
  1. Ruang AVA.
  2. Ruang perpustakaan.
Fasilitas ini dapat dikegorikan sebagai sarana Pusat Sumber Belajar. Diharapkan dapat memperluas wawasan siswa terhadap ilmu-ilmu yang dipelajari.
  1. Ruang kantin
  2. Ruang serba guna
  3. Mushola
Sarana ini diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan rohani siswa, staf dan guru namun juga sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa.
  1. Poliklinik
Fasilitas ini juga bertujuan untuk mencegah kesulitan siswa/i untuk memeriksakan diri mereka jika suatu ketika terkena gejala sakit.
9.       Sarana olah raga

Untuk menjembatani hubungan antara pihak sekolah dengan pihak orang tua murid, SMA Al Azhar 1 yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) ini mendirikan sebuah organisasi sekolah yang dinamakan Ja’iyyatul Walidin atau kerap disingkat Jam’iyyah. Hal yang melatarbelakangi didirikannya Jam’iyyah ini adalah karena pihak SMA Al Azhar khususnya dan pihak YPI pada umumnya memandang sangat perlunya keterlibatan semua pihak, termasuk para orang tua murid di dalam proses belajar mengajar. Dengan terjalinnya Ukhuwah Islamiyah di antara pihak orangtua murid dan pihak sekolah, diharapkan akan terbentuk partisipasi aktif yang harmonis dan saling mengisi demi meningkatkan mutu dan prestasi para anak didik.