Jumat

SETELAH BELAJAR DI LUAR NEGERI, JANGAN LUPA KEMBALI KE TANAH AIR

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
SILAHKAN KLIK LES PRIVAT


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang melakukan pengembangan dan perbaikan dalam bidang pendidikan. salah satunya dengan cara bekerjasama dengan negara-negara lain (terutama negara ASEAN) dalam urusan belajar ke luar negeri.

musliar kasim mengatakan bahwa minat orang-orang indonesia untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri pada zaman sekarang lebih besar daripada zaman dahulu. terutama negara-negara eropa dan amerika sebagai tujuan favorit mereka. oleh karena itu, pemerintah akan mensupport keinginan mereka agar kelak mereka dapat menyumbangkan ilmu yang diperoleh di luar negeri ketika kembali ke tanah air tercinta.

harapan pemerintah, dengan mereka belajar di luar negeri, mereka dapat mengadopsi ilmu-ilmu yang bermanfaat disana lalu mereka dapat menerapkannya di indonesia. sehingga ilmu-ilmu yang ada di indonesia tidak ketinggalan zaman dan indonesia dapat menjadi negara maju dalam segala bidang terutama bidang pendidikan.

keinginan belajar ke luar negeri yang besar ini tentunya akan percuma kalau tidak ada dukungan dari pemerintah. oleh karena itu pemerintah akan melakukan segala upaya untuk mensupport keinginan masyarakat indonesia tersebut. yaitu beberapa caranya melalui program beasiswa bagi yang berprestasi dan sistem pertukaran pelajar ataupun dosen.

belakangan ini ribuan mahasiswa telah berhasil menyelesaikan studi mereka di luar negeri baik program S1, S2 dan S3. bahkan banyak lulusan-lulusan tersebut yang diterima bekerja di perusahaan besar yang ada di negara tersebut karena lulus dengan prestasi yang tinggi. akan tetapi harapan pemerintah, mereka dapat kembali ke tanah air dan ikut membangun pendidikan di tanah air.

biasanya lulusan-lulusan luar negeri yang tidak mau kembali ke indonesia karena beberapa hal, misalnya gaji yang ditawarkan perusahaan luar negeri lebih besar daripada gaji yang ditawarkan perusahaan lokal, keamanan dan stabilitas politik di indonesia yang kurang kondusif, tertarik dengan kebudayaan dan keindahan negara lain, mereka telah menemukan pasangan dan telah menikah disana dan masih banyak lagi.