Kamis

WAKIL GUBERNUR MENYETUJUI MASUK SEKOLAH PUKUL 07.00

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA BUTUH GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkaji kebijakan untuk mengembalikan jam masuk sekolah dari pukul 06.30 menjadi pukul 07.00.
Ketua Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) Retno Listyarti setelah bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan Dalam pertemuan itu FMGJ, memberikan masukan-masukan terkait anggaran pendidikan daerah dan beberapa masalah lain dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah pemaparan pengembalian jam masuk sekolah ke pukul 07.00. Senin (19/11/2012)
Senin (19/11/2012) Di Balaikota Jakarta Retno mengatakan bahwa, Jika tidak diubah, akan berpengaruh terhadap otak. Kami ingin jam masuk sekolah diubah kembali menjadi jam 7 pagi, Pak Ahok-nya juga sudah oke dan kemungkinan akan segera direalisasikan ,Peraturan masuk sekolah pukul 06.30 WIB merupakan produk di era kepemimpinan sebelumnya dalam rangka mengurangi kemacetan . Kita ingin dikembalikan. Kalau tidak, lebih merugikan anak didik karena mereka dikorbankan untuk kepentingan Jakarta. Seharusnya pendidikan mementingkan kebutuhan dan kepentingan anak, bukan merugikan anak .
Ketua Presidium Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Guntur Ismail mengatakan bahwa, terdapat beberapa kerugian yang berdampak langsung kepada siswa akibat aturan masuk sekolah pukul 06.30 WIB tersebut. Kerugian itu antara lain siswa tidak cukup tidur. "Sebenarnya tidur 6-8 jam, sedangkan anak-anak Jakarta tidur kurang dari 6 jam. Sebanyak 67,65 persen siswa tidak cukup tidur. Jam masuk sekolah yang lebih awal juga dapat merugikan siswa secara biologis. Hal itu ditunjukkan dengan adanya 4,2 persen siswa yang tidak sempat sarapan sebelum sekolah. Jika kondisi yang menekan siswa itu terus berlangsung, maka hal itu dapat membuat stres siswa yang akhirnya dapat memicu perilaku tawuran di kalangan pelajar. Jam masuk sekolah pada pukul 06.30 WIB juga dinilai dapat membuat belajar siswa menjadi kurang fokus. Karena kurang tidur itu, jadi tidak fokus belajar.
Bersangkutan dengan hal itu , Basuki berkata , ia menerima usulan tersebut. Beliau mengatakan bahwa,  usulan tersebut masuk akal dan akan dikaji lebih lanjut. Dalam pemaparan itu, ada datanya anak jadi stres karena enggak sarapan. Anakku juga jarang sarapan.
Menurutnya, usulan perubahan jadwal menjadi jadwal semula itu akan ditindaklanjuti dan akan dibicarakan lebih lanjut bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.