Jumat

SMA NEGERI 13 - JAKARTA UTARA



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

 

Sekolah yang juga dikenal dengan nama GALAS ini berlokasi di jalan Seroja nomor 1, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara. Ketika awal didirikannya pada tanggal 18 Agustus 1964, sekolah ini diposisikan hanya sebagai filial atau kelas jauh dari SMAN 1 Jakarta. Baru 4 tahun kemudian, yaitu tepatnya pada tahun 1968, sekolah ini diubah bentuknya menjadi sekolah mandiri, yang dalam perkembangan berikutnya berkat berbagai prestasi dan kemajuan yang berhasil diraih oleh para siswanya, sekolah ini pun meningkat kedudukannya sebagai sekolah unggulan.

Predikat tersebut diraih secara bertahap, dimulai pada tahun 1994 ditetapkan sebagai sekolah unggulan untuk tingkat wilayah Jakarta Utara, lalu kemudian pada tahun 2004 naik posisinya menjadi sekolah unggulan untuk seluruh wilayah DKI Jakarta. 


Prestasi-prestasi yang telah diraih tidak hanya dalam bidang akademik saja namun juga di berbagai bidang ekstra kurikuler. Untuk prestasi di bidang akademik, terhitung semenjak tahun 2007 sampai dengan tahun 2012, SMAN 13 berhasil meraih dan mempertahankan nilai terbaik untuk hasil Ujian Nasional se-Jakarta Utara.

Di bidang ekstra kurikuler, pada tahun 2004, SMAN 13 tercatat sukses dalam menyelenggarakan puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Megawati Soekarnoputri.

Untuk kurikulumnya, SMA Negeri 13 Jakarta menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mulai diterapkan sejak tahun 2006, dimana mulai tahun ajaran 2006-2007 itu juga, sekolah ini pun mulai membuka kelas internasional bekerja sama dengan sebuah universitas dari luar negeri.

Selain menyediakan berbagai fasilitas yang ditujukan guna mendukung pencapaian prestasi akademik, SMAN 13 juga menaruh perhatian penuh terhadap beraneka ragam kegiatan ekstra kurikuler yang antara lain: Pramuka (Pragalas/Pramuka Gaya 13), Bridge, English Thirteen Society (ETS), Kelompok Ilmiah Remaja, Pecinta Alam (Galaspala), Basket (Seroja Basketball), Kempo, Palang Merah Remaja (Wisesa), Seni Tari (Saman, Modern Dance), Paskibra, Paduan Suara & Vokal Grup (PSVG), Sepak Bola (Galas Bola), Futsal, Taekwondo, Tapak Suci, Karate, Green School, Pusat Dokumentasi dan Informasi (Mading, Majalah Sekolah 1300M!), Volley, Bulu Tangkis (Triton)

Untuk kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat rohani, di SMAN 13 juga terdapat: SRI (Sie Rohani Islam), PRK (Persekutuan Rohani Kristen) dan Mudika (Muda Mudi Katolik)