Jumat

SMP NEGERI 19 - JAKARTA SELATAN



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

SMP Negeri 19 Jakarta adalah sebuah Sekolah Menengah Pertama yang tergabung dalam perwakilan sekolah SEAMEO atau The Southeast Asian Ministers Of Education Organization yaitu sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 30 November 1965 sebagai organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Masih sejalan dengan keanggotaannya tersebut, pada bulan Oktober 2012 yang lalu, SMPN 19 diikutsertakan ke dalam program"The 4th Overseas Experience Program for Japanese Children" yang diselenggarakan oleh Hakuho Foundation, yang mana di dalam program tersebut para perwakilannya akan dilibatkan ke dalam kegiatan-kegiatan seperti pertukaran budaya, diskusi dan bertukar pikiran dengan siswa-siswa yang berasal dari negara-negara lain seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Mongolia, Kanada, Rumania dan Rusia, termasuk juga Jepang yang dalam acara tersebut bertindak sebagai tuan rumah. Dan yang lebih hebatnya lagi diskusi tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa Jepang.

Tidak hanya sampai di situ, sekolah yang beralamat di Jalan Bumi Blok E No. 21 Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini juga tercatat sebagai sekolah yang memiliki beragam prestasi, baik itu secara akademik maupun non-akademik. Untuk bidang akademik, SMPN 19 Jakarta terkenal mempunyai murid-murid dengan kemampuan yang berada di atas rata-rata sehingga seringkali keluar sebagai juara di dalam olimpiade sains.

Sementara di bidang non-akademik, SMPN 19 Jakarta juga unggul di bidang olahraga basket, yaitu sebagai runner-up JRBL Jakarta Series yang merupakan kompetisi basket bergengsi di tanah air.

Selain murid-muridnya yang terkenal “kutu buku”, mereka juga terlibat aktif di dalam bidang seni, salah satunya adalah seni peran, sehingga tidak heran jika SMPN 19 juga dikenal sebagai sekolahnya bintang film. Sementara untuk kegiatan paduan suara, sekolah ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, bahkan telah dianggap sebagai ikon karena kerap tampil di istana negara pada acara yang berlangsung setiap tahun.  

Semenjak didirikan pada tanggal 1 Agustus 1959, SMPN 19 atas pertimbangan segala prestasi yang telah berhasil diraihnya, akhirnya sekolah ini pun ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Dengan ditetapkannya status ini, SMPN 19 pun semakin berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya sejalan dengan semakin ditingkatkannya pula berbagai fasilitas yang mendukung, antara lain: Laboratorium Bahasa, Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Dua Laboratorium Komputer (TIK), Perpustakaan Internasional, Ruang Multimedia, sampai dengan Ruang Praktik Tata Boga.

Begitu juga dalam hal pemberagaman kegiatan-kegiatan ekstra kurikulernya yang sampai saat ini sudah meliputi: Aeromodeling, Angklung, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, Broadcasting, Modern Dance dan sebagainya bahkan sampai kepada kegiatan ekstra kurikuler di bidang Robotik dan TV Media.