Minggu

PENDAFTARAN SBMPTN MULAI HARI SENIN TANGGAL 13 MEI 2013

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Pendaftaran SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2013 akan dibuka secara online mulai 13 Mei pada pukul 08.00 WIB. Dr Dra Ismaini Zain MSi selaku Koordinator Humas SBMPTN mengatakan bahwa para pendaftar dapat mendaftar via online pada alamat http://ujian.sbmptn.or.id.

Dr Dra Ismaini Zain MSi Didampingi staf Humas SBMPTN Panitia Lokal Surabaya, Bagus Ani Putra, mengatakan bahwa pendaftaran akan segera ditutup hingga 7 Juni pukul 22.00 WIB. Untuk dapat masuk ke web tersebut, calon pendaftar harus terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran via Bank Mandiri, baik Mandiri Internet, Mandiri ATM, Mandiri SMS, Cabang Bank Mandiri, dan Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (cuma untuk wilayah yang tidak ada cabang maupun ATM Bank Mandiri).

dia mengatakan bahwa Pembayaran dapat dilakukan tiga hari sebelumnya yaitu tanggal 10 Mei 2013. lalu calon peserta akan diberikan pin untuk dipakai masuk ke web pendaftaran. kalau kurang puas dengan yang dipilihannya, maka calon peserta dapat mendaftar lagi, tentu dengan membayar lagi. Ismaini mengatakan bahwa biaya pendaftaran SBMPTN ujian tertulis untuk bidang ujian Saintek atau Soshum yaitu Rp 175.000, sedangkan untuk bidang ujian campuran yaitu Rp 200.000.

Ismaini mengatakan bahwa perbedaan antara pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN adalah kalau SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN) cuma untuk siswa SMA/SMK/MA lulusan 2013, sedangkan SBMPTN dapat diikuti oleh siswa-siswi lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013.

disamping itu, peserta SBMPTN dari Surabaya dapat memilih PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dari luar Surabaya, kalau dia memilih lebih dari satu program studi.

dahulu Pilihannya IPA dan IPS, sekarang Saintek dan Soshum. jika memilih satu program studi dapat bebas memilih di PTN mana saja, kalau memilih campuran (Saintek dan Soshum) atau 2-3 program studi, maka salah satu program studi harus pada PTN di lokasi ujian. ujian tulis SBMPTN akan dilakukan pada tanggal 18-19 Juni 2013, sedangkan hasilnya akan diberitahukan pada tanggal 12 Juli 2013.