Selasa

PESERTA SNMPTN TIDAK BISA MASUK PTN JIKA GAGAL UN


 BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Peserta SNMPTN yang telah dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 dianggap tidak sah atau gugur jika tidak lulus dalam Ujian Nasional (UN). pernyataan tersebut dikatakan oleh Ravik Karsidi Rektor Universitas Sebelas Maret.

Dia mengatakan bahwa walaupun telah dinyatakan diterima SNMPTN, tapi ternyata tidak lulus
  UN, maka status sebagai calon mahasiswa PTN tidak sah.

Ravik megatakan bahwa kelulusan UN tidak bisa ditawar-tawar lagi dalam persyaratan penerimaan mahasiswa baru, terutama yang melalui jalur SNMPTN, selain nilai rapor dan mendapat rekomendasi dari sekolah.
   
Hal serupa juga dikatakan oleh Sutarno selaku Ketua Panitia SNMPTN 2013 UNS. Dia berkata bahwa penerimaan calon mahasiswa baru sangat bergantung oleh kelulusan nilai UN dan nilai rapor. Hal tersebut, sejalan dengan Prosedur Operasi Baku (POB).

Sutarno mengatakan bahwa sama seperti di PTN lain, tahun ini UNS memberikan 3 jalur untuk masuk UNS yaitu jalur SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT).

Sampai terakhir kali pendaftaran SNMPTN tahun 2013, ada sebanyak 85.144 peserta yang memilih UNS, baik untuk pilihan satu maupun kedua. untuk Tahun ini, UNS akan menerima sebanyak 5.400 calon mahasiswa baru untuk jenjang Strata 1 (S1) dari ketiga jalur yang ada