Senin

DAMPAK POSITIF DAN DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT




Dampak positif dalam bidang Informasi dan Komunikasi:
1. Lebih cepat mendapatkan informasi-informasi terbaru dengan tingkat akurasi yang tinggi dengan memanfaatkan fasilitas internet
2.  Komunikasi dapat terjalin baik dengan menepiskan hambatan-hambatan jarak, ruang dan waktu, misalnya dnegan memanfaatkan fasilitas telepon, handphone atau yang sejenisnya.
3. Mendapatkan berbagai kemudahan dalam menerima layanan-layanan public seperti misalnya layanan bank, transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
4. Dengan semakin tingginya kebutuhan Informasi dan Teknologi dalam bidang komunikasi maka secara otomatis akan semakin terbuka lebar pula lapangan pekerjaan untuk para tenaga-tenaga terdidik yang berkutat di bidang IT.

Dampak negatif dalam bidang Informasi dan Komunikasi misalnya: dimanfaatkannya kemajuan teknologi komunikasi untuk melakukan tindakan-tindakan atau perbuatan melawan hukum, contohnya terorisme. Atau dampak negatif lain yang juga tak kalah buruknya yaitu memberikan kemudahan pada kalangan-kalangan usia tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi terlarang, misalnya situs-situs pornografi. Untuk kalangan kriminal lainnya selain terorisme, kemajuan teknologi jelas akan memberikan dampak besar bagi memperlancar dan mempermudah kegiatan-kegiatan dan/atau transaksi online yang masuk kategori terlarang, seperti contoh misalnya bisnis narkoba, black market atau bahkan senjata api. Segala hal memang dapat saja dimungkinkan seiring dengan semakin majunya teknologi, terutama teknologi komunikasi

Dan tidak hanya berhenti sampai di situ, karena kemajuan teknologi juga akan membuka jalan terjadinya tindakan kejahatan karya intelektual, seperti Plagiarisme

Untuk bidang pendidikan, kemajuan teknologi informasi juga memberikan berbagai macam dampak. Baik itu dampak positif maupun dampak yang bersifat negatif. Sebagai contoh misalnya, pada satu sisi kemajuan teknologi informasi memberikan dampak positif sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan, misalnya televisi, radio dan internet. Hal ini menjadikan guru bukan lagi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

Di sisi lainnya, kemajuan teknologi juga akan memudahkan para tenaga pendidik untuk menciptakan metode-metode pembelajaran terbaru sehingga diharapkan akan dapat lebih memudahkan siswa dan guru dalam menjalani kegiatan belajar dan mengajar. Dengan demikian tentu akan semakin memberi kemudahan pula bagi para siswa untuk dapat lebih memahami materi-materi dan bahkan dimungkinkan untuk dapat dilakukan tanpa harus tatap muka.

Namun demikian, seiring dengan itu pula, sebaiknya kita sendiri juga harus mampu menyikapi segala kemajuan tersebut dengan tetap membentengi diri terhadap masuknya effect negative yang  datang beriringan dengan sisi positifnya tadi. Pada intinya, kita harus memahami dan mewaspadai bahwa kemajuan teknologi adalah sebuah fenomena yang “bermuka dua”.