Senin

TEKNOLOGI INFORMASI

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT




Pemanfaatan Teknologi & Informasi dalam proses pembelajaran untuk rentang waktu yang sangat singkat telah menjadi salah satu fondasi yang kuat bagi masyarakat modern, bahkan sebagian besar negara-negara di dunia pada saat ini menganggap pemahaman serta penguasaan dasar-dasar TI sudah menjadi bagian dari pendidikan.

Dalam kaitannya dengan pendidikan itu sendiri, Teknologi Informasi, khususnya internet telah sangat banyak dimanfaatkan di dalam berbagai proses pendidikan, terutama dalam hal menggali berbagai informasi-informasi yang dibutuhkan terkait dengan topik yang sedang dipelajari yang mungkin tidak cukup jika hanya dnegan mengandalkan dari buku-buku pelajaran.

Dan menjadi tanggung jawab bagi pihak sekolah untuk bersama-sama mengajar para peserta didik memanfaatkan fasilitas teknologi ini agar lebih siap lagi untuk memasuki era globalisasi dimana jarak antara ruang dan waktu di suatu daerah dengan daerah lainnya hampir seperti tak bersekat. 

Namun bersamaan dengan itu pihak sekolah juga dituntut untuk harus mampu mengiringi kemajuan teknologi tersebut dengan lebih menghasilkan tenaga-tenaga terdidik baru yang lebih berkualitas serta memiliki kemampuan yang lebih agar dapat lebih berkompetitif di dalam persaingan global.

Di lain pihak, beriringan dengan gencarnya langkah dan upaya tersebut di atas, kita juga tidak boleh mengabaikan kenyataan bahwa masih ada beberapa sekolah yang ternyata belum siap melaksanakan program pembelajaran Teknologi Informasi, tentu dengan banyak sebab yang di antaranya adalah sebagian besar guru belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengajarkan mata pelajaran terkait degan Teknologi Informasi, baik itu disebabkan karena masih terdapatnya beragamnya persepsi serta sikap guru terkait dengan Teknologi Informasi ataupun karena memang belum memadainya fasilitas yang tersedia di sekolah-sekolah tersebut guna menunjang pelaksanaan pembelajaran tentang Teknologi Informasi.

Memang betul, guna menyikapi permasalahan ini, pihak pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional maupun Dinas-dinas Pendidikan telah berupaya memaksimalkan langkah-langkah serta kebijakannya guna menutupi berbagai kekurangan tersebut namun pada kenyataannya tetap harus diakui bahwa hasil yang didapat masih belum memuaskan, adapun salah satu penyebabnya disinyalir karena usaha yang dilakukan oleh pemerintah lebih memiliki kecenderungan pada kebijakan-kebijakan yang bersifat konstitusional yaitu difokuskan hanya sebagai upaya menghasilkan lulusan dari sekolah yang kompetitif dan siap bersaing secara global, misalnya dengan menetapkan angka batas minimal kelulusan Ujian Akhir Nasional namun belum pada tahap memaksimalkan kemampuan para lulusan dalam hal penguasaan tentang Teknologi Informasi yang tentunya untuk sampai kepada titik itu harus didukung oleh berbagai macam fasilitas pendukung serta penciptaan suatu kondisi yang memadai dari lingkungan dimana proses pendidikan atau pembelajaran tersebut diselenggarakan.