Jumat

tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak




BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT
 


Pertumbuhan dan perkembangan anak dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama yaitu usia anak antara baru lahir sampai 2 tahun. Pada tahap ini anak sangat memerlukan rangsangan motorik, karena pada fase ini anak sering tengkurap, duduk, merangkak dan berjalan (motorik kasar).

Selain memerlukan rangsangan motorik, anak juga memerlukan rangsangan awal bahasa. Tahap berikutnya yakni tahap interaksi dan sosialisasi ketika usia anak melewati 2 tahun, tahap ini bertujuan agar anak dapat berinteraksi dan komunikasi untuk persiapan saat umur 3 tahun. Pada tahap ini, anak telah memahami exsistensi teman. 

ketika umur 4 tahun, anak memasuki tahap kemandirian. Pada tahap ini anak mulai mengetahui aturan kemandirian dan tanggung jawab, contohnya mengganti pakaian dan makan sendiri.
pada usia 5 tahun, anak telah dipersiapkan untuk masuk sekolah (sekolah dasar), tetapi pendidikannya harus menyenangkan dan tidak memaksakan kehendak anak. Sehingga anak dapat menerima dengan senang.

tahap selanjutnya adalah tahap perkembangan anak pada usia 6 tahun, yaitu usia yang sangat cocok untuk anak mulai menjalankan pendidikan formal. Pada tahap ini telah ada aturan yang berlaku secara jelas, yakni belajar di dalam ruangan dan belajar dengan lebih serius walaupun masi ada sedikit bermain-main.