Jumat

UN (Ujian Nasional) tahun 2014 tetap diselenggarakan


BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



Pada saat acara Konvensi UN yang diadakan di Kementerian pendidikan dan kebudayaan, Musliar Kasim (Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan) mengatakan bahwa kalau bangsa ini mau maju harus ada test yang digunakan untuk mengukur standar nasional. Menurutnya harus ada test yang mengukur tingkat kompetensi murid-murid di pada saat terakhir belajar di semua jenjang pendidikan.

Musliar juga berkata bahwa perbandingan komposisi antara UN dan US masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu 60:40. Mengenai teknis penggandaan soal sudah disepakati akan didelegasikan ke daerah. Akan tetapi, tetap akan dibahas antara dengan cara berbasis regional atau provinsi.

Musliar mengatakan bahwa jika penggandaan soal dilakukan di tiap-tiap daerah belum tentu juga ada percetakan yang sanggup mencetak soal di daerah tersebut. Tingkat efektifitas pencetakan itu akan kita pertimbangakan kembali dengan matang.

Sedangkan untuk point-point rumusan mengenai pengamanan dan pengawasan akan dimasukkan ke dalam POS. Sebelum POS itu disetujui akan dipertimbangkan dengan cara meminta masukan terlebih dahulu kepada dinas pendidikan provinsi.

"Misalnya, soal pemindaian dan pengiriman rapor kalau dimasukkan ke dalam rumusan kan terlalu detil. Mungkin, itu akan kita akomodasi ketika kita membuat POS," tandas Musliar.