Senin

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT

 

Teknologi didefinisikan sebagai desain untuk melakukan tindakan instrumental yang bertujuan agar mengurangi ketidakpastian di dalam hubungan antara sebab-akibat demi mencapai hasil maksimal yang diinginkan, yang mana di dalam pengaplikasiannya terdiri atas dua aspek yaitu:
1.     Aspek perangkat keras, yang bersifat material atau benda-benda fisik.
2.     Aspek perangkat lunak, yang terdiri dari basis informasi untuk perangkat keras.

Kedua aspek tersebut penting untuk penggunaan praktis komputer, namun karena kecenderungan selama ini bahwa perangkat keras lebih terlihat wujudnya, maka hal tersebut membuat kita memiliki kecenderungan berfikir bahwa teknologi adalah perangkat keras yang mana kerap digunakan sebagai alat di dalam komunikasi. Sementara untuk teknologi komunikasi itu sendiri sebenarnya tidak hanya terdiri dari perangkat keras saja melainkan juga terdiri dari organisasi, struktur dan nilai-nilai sosial yang dijadikan alat oleh tiap-tiap individu untuk mengumpulkan, memproses dan bertukar informasi dengan individu lainnya.

Berikut adalah bentuk-bentuk perubahan yang terjadi pada proses interaksi manusia berkaitan dengan keberadaan teknologi:
1.     Sistem komunikasi memberikan tingkat interaktivitas yaitu kemampuan sistem komunikasi untuk berbicara kembali kepada pengguna atau hampir seperti seorang individu yang berpartisipasi dalam percakapan.
2.     Media baru juga demassified yaitu bahwa sebuah pesan khusus dapat ditukar dengan setiap individu dalam skala yang besar, yang dalam artian di sini menempatkan individu sama seperti media untuk melakukan komunikasi secara tatap muka interpersonal.
3.     Teknologi komunikasi baru juga sinkron, yang mana satu sama alin di antara mereka memiliki kemampuan untuk mengirim atau menerima pesan pada waktu yang tepat bagi seorang individu.

Sebagai contoh yang dimaksud sebagai bentuk komunikasi dnegan memanfaatkan teknologi antara lain adalah: Mikro computer, telekonferensi, teleteks, video text, dan komunikasi satelit.

           Mikrokomputer adalah, sebuah unit yang berdiri sendiri, namun untuk dapat menghasilkan fungsi, masing-masing unit itu akan mengikuti ketentuan-ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual atau dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam satu jaringan, yang mana bagian unit yang menjadi pusat pusat pengolahan mikrokomputer yang “bertugas” untuk membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa chip semikonduktor tunggal.

              Telekonferensi adalah, salah satu bentuk pertemuan interaktif antara beberapa individu namun satu sama lain berada pada lokasi yang terpisah oleh ruang dan jarak.

       Teleteks adalah, sebuah layanan informasi yang bersifat interaktif yang memungkinkan masing-masing individu yang terlibat untuk meminta frame informasi yang dapat ter-display pada layar televisi.

     Videotext adalah, salah satu bentuk layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah komputer pusat untuk kemudia permintaan tersebut ter-display pada layar video .

          Komunikasi Satelit adalah, bentuk komunikasi yang dapat berlangsung dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas sebagai hasil dari teknologi satelit, sebagai contoh misalnya pesan telepon, siara radio atau siaran televisi.