Senin

MATEMATIKA DAN IPA PELAJARAN YANG MENAKUTKAN?

CARI GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK, KEPONAKAN, SEPUPU, SAUDARA, TANTE, ATAU TEMAN ANDA? SILAHKAN KLIK LES PRIVAT


banyak orang tua murid yang mengatakan bahwa matematika dan IPA seringkali menjadi momok di dalam pelajaran sekolah. padahal bagi orang-orang yang mengerti, sebenarnya matematika dan IPA merupakan pelajaran yang menyenangkan sekali. banyak ilmu dalam pelajaran matematika dan IPA yang sangat aplikatif untuk diterapkan dalam dunia nyata. misalnya cara menghitung luas tanah, cara menghitung laba/untung yang kita terima, cara mencegah dan mengobati suatu penyakit dan masih banyak lagi. oleh karena itu untuk menghilangkan stigma negatif dari kedua mata pelajaran tersebut ASMOPS (Science and Math Olympiad for Primary School) akan mengadakan acara yang kedua.

ASMOPS digagas oleh Yohanes Surya (ahli/spesialis olimpiade), Direktur Eksekutif Surya Institute Sri Setyowati Saiful serta Presiden ASMOPS Ali Godjali melakukan pembukaan resmi acara yang akan dilaksanakan hingga 9 november 2012 di Ballroom Mulia 1, Hotel Grand Zuri BSD. pembukaan diawali dengan metode fun science.

acara ASMOPS yang kedua ini agak berbeda dengan acara ASMOPS yang pertama. perbedaan yang sangat mencolok yaitu pada tahap pemilihan peserta dari Indonesia. kata yohanes surya, para peserta wakil indonesia telah melewati seleksi 2 tahap. seleksi tersebut diadakan di 3 kota besar seperti, jakarta, medan dan surabaya. pada tanggal 29 september diadakan seleksi tahap pertama. pada tahap seleksi pertama terpilih 60 calon wakil indonesia dari total kandidat 354 anak. seleksi tahap kedua diadakan pada tanggal 19-20 oktober di kinasih resort, depok, jawa barat. pada seleksi tahap kedua terpilih 28 anak sebagai wakil Indonesia untuk bersaing pada ajang The 2nd ASMOPS.

para calon peserta tidak hanya mengerjakan soal matematika dan IPA saja, tetapi mereka juga berlatih mengerjakan soal-soal kombinasi (terpadu) matematika dan IPA sehingga siswa-siswa menjadi lebih kreatif. lomba ini terbagi menjadi 2 yaitu teori dan praktek. Pada soal teori, ada terdiri dari 20 soal pilihan ganda atau jawaban singkat ditambah dengan 10 esai. Sedangkan untuk tahap eksplorasi terdiri dari 2 soal matematika, 2 soal sains, dan 1 soal gabungan matematika dan sains. Soal kompetisi ASMOPS tersedia dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Rasya Azka Lazuawardi, siswi SD RSBI Rawamangun 12 Pagi ini bersemangat mengikuti acara pembukaan ASMOPS 2012. Rasya dan 40 peserta lainnya akan bertanding dalam kompetisi persahabatan bidang Matematika dan Sains tingkat Sekolah Dasar (SD) yang pesertanya berasal dari sebaran 6 negara di Asia, antara lain Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Indonesia.