Minggu

DOMINASI PERAN PERGURUAN TINGGI DI DALAM UJIAN NASIONAL 2013



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Sehubungan dengan perubahan yang diberlakukan di dalam kurikulum 2013, khususnya untuk jenjang SMA sederajat, menuntut peran pihak Perguruan Tinggi untuk terlibat lebih jauh lagi di dalam pelaksanaan Ujian Nasional. 

Seiring dengan meningkatnya peran tersebut pihak Perguruan Tinggi juga memiliki kepentingan-kepentingan yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya dalam hal menjamin validitas pertanggungjawaban hasil UN secara akademik. Hal ini terkait erat dengan mulai diberlakukannya integrasi hasil UN ke dalam proses penyaringan dalam penerimaan mahasiswa baru. 

Sebagai salah satu bukti meningkatnya peran pihak Perguruan Tinggi di dalam Ujian Nasional tahun ini adalah dengan dilibatkannya perwakilan-perwakilan dari Perguruan Tinggi hampir di semua tahap pelaksanaan, dimulai dari proses persiapan, pencetakan naskah UN, pembentukan tim pengawas ujian, pengumuman sampai dengan tahap pembuatan laporan. Keterlibatan pihak Perguruan Tinggi di hampir semua tahapan tersebut diperkuat dengan ditandatanganinya pakta integritas antara Rektor sebagai wakil dari pihak Perguruan Tinggi dengan Badan Sandar Nasional Pendidikan (BSNP).

Seperti yang juga dijelaskan Lalu Syafi’i, Kadin Dikpora provinsi Nusa Tenggara Barat, “Ujian Nasional tahun ini merupakan wajah baru terutama yang dilaksanakan untuk jenjang SMA sederajat dimana nantinya hasil UN akan dipergunakan sebagai bahan seleksi masuk PTN.”