Kamis

INSPIRASI, MOTIVASI, PRESTASI



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Untuk menggapai suatu prestasi, seseorang harus terlebih dahulu termotivasi pada suatu hal. Motivasi ini harus benar-benar tertanam di dalam benak, karena jika dianalogikan sebagai sebuah kendaraan, motivasi dapat diibaratkan sebagai bahan bakar. Dengan adanya motivasi yang kuat maka kita pun akan semakin terbakar untuk terus mengejar apa yang kita inginkan dan prestasi yang harus kita capai.

Motivasi adalah bahan bakar, namun pertanyaannya adalah darimana motivasi itu terlahir? Jawabannya adalah Inspirasi. Insiprasi adalah satu hal yang kemudian akan melahirkan keinginan. Inspirasi bisa berasal darimana saja, dari apa yang kita lihat, kita dengar dan kita rasa. Dela Ananda Putri misalnya. Dela terinspirasi untuk menjadi seorang Animator setelah menyaksikan karya-karya animasi yang dihasilkan oleh Chikita Fawzi yang merupakan salah seorang animator di dalam produksi film Upin dan Ipin. Dari inspirasi yang ia dapatkan, kemudian Dela pun termotivasi untuk rajin belajar menggambar. Dan bukan hal yang mustahil jika suatu saat kelak Dela pun akan tampil sebagai seorang animator handal.

Di Indonesia sendiri, terdapat sebuah yayasan yang bergerak menyebarkan inspirasi dengan tujuan menumbuhkan minat anak dalam mengejar cita-citanya. Yayasan yang dimotori oleh Anies Baswedan dengan nama Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini memiliki Program Kelas Inspirasi yang saat ini sudah memasuki tahun kedua. Salah satu kegiatannya adalah menjaring para praktisi dan professional yang telah memiliki prestasi untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan mengajar, terutama kepada siswa-siswa sekolah.

Dalam satu kesempatan Anies Baswedan yang juga menjabat sebagai ketua yayasan ini mengungkapkan bahwa tujuan dari dihadirkannya para inspirator-inspirator dari kalangan praktisi dan profesional di dalam program ini bukan semata diposisikan hanya sebagai “guru” yang akan memberikan pelajaran pada anak didik namun lebih daripada itu, tujuan mereka didatangkan adalah untuk menghadirkan inspirasi di tengah-tengah siswa sekolah yang mana nantinya diharapkan dan dimungkinkan akan menjadi salah satu pemacu bagi para siswa untuk berkarya setelah menyaksikan para professional tersebut berbagi ilmu, berbagi pengalaman, dan meninggalkan kesan atas profesi yang mereka geluti selama ini.
Think big, start small, act now.” Itulah slogan yang dikatakan Anies Baswedan ketika menjelaskan tentang program yayasannya.