Selasa

TIPS MUDAH DALAM MEMAHAMI PELAJARAN



BUTUH PRIVAT LES UNTUK ANAK ANDA?

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mempelajari sesuatu hal. Kecenderungan selama ini ketika kita mempelajari sesuatu biasanya adalah dengan cara menghafal. Namun kita juga sebaiknya menyadari bahwa memori daya ingat kita dalam menyimpan sesuatu yang sifatnya hafalan, memiliki -seperti- “expired date”. Jadi ada batasan-batasan tertentu dimana apa yang kita hafal akan hilang dan kita pun lupa. Terlebih lagi jika hal-hal yang kita hafal tersebut terdiri dalam jumlah yang sangat banyak. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu kita dalam memahami apa yang kita pelajari agar tidak hanya sebatas hafalan saja. Beberapa di antaranya adalah dengan cara:

Pertama, biasakanlah untuk mendengar. Mendengar adalah salah satu aktivitas yang sangat terbiasa bagi kita dalam sehari-hari, itu karena kita memiliki sepasang telinga yang berfungsi baik. Namun untuk konteks ini, fokuskanlah untuk lebih banyak mendengar hal-hal yang berkaitan dengan apa yang kita sedang pelajari. Buatlah batasan topik dan fokuskan pendengaran kita kepada hal-hal yang berkaitan dengan topik itu saja. Misalnya, ketika kita mempelajari bahasa Inggris, maka rajin-rajinlah untuk mendengar apapun yang diucapkan dengan menggunakan bahasa Inggris. Cara yang paling mudah adalah dengan banyak menonton film Hollywood.

Kedua, cari tahu hal-hal apa saja yang menarik minat kita tentang topik yang hendak atau sedang kita pelajari itu. Dengan adanya rasa tertarik di dalam diri kita, maka akan menumbuhkan motivasi tersendiri untuk terus belajar dan belajar.

Ketiga, ketika kita mempelajari suatu hal, umumnya didahului dengan cara menghafal, baru berikutnya berusaha memahami. Nah pada saat kita sedang berada pada tahap memahami itu, cobalah biasakan diri untuk berbicara. Ini adalah cara sederhana untuk me-review kembali ingatan kita terhadap hal yang sedang kita pelajari. Jika pembicaraan ini berlangsung dua arah, dalam arti respon lawan bicara kita ‘nyambung’ dengan topik yang sedang kita bicarakan, maka pembicaraan atau diskusi tersebut secara otomatis juga akan menambah referensi pemahaman kita.