Senin

JURUSAN KULIAH BERMASA DEPAN CERAH



BUTUH GURU KE RUMAH UNTUK ANAK ANDA?

Pada dasarnya, semua pekerjaan memiliki peluang untuk memberikan penghasilan besar kepada pelakunya, dengan catatan apabila pekerjaan itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, ulet dan semaksimal mungkin. Masih berkaitan dengan konteks ini, ada sebuah buku yang mengangkat topik tentang jurusan-jurusan yang disebut sebagai jurusan-jurusan yang menjanjikan masa depan. Dengan menyertakan alasan-alasan logis yang saling berhubungan satu sama lain antara ilmu yang dipelajari dengan ketika ilmu tersebut diaplikasikan di dunia lapangan pekerjaan menjadikan buku yang ditulis oleh Ina Liem ini menjadi “sesuatu”.

Di dalam bukunya, Ina Liem menempatkan urutan nama-nama jurusan berdasarkan pada besarnya peluang yang dimiliki oleh masing-masing jurusan tersebut. Dalam pembahasannya Ina menempatkan jurusan matematika di urutan pertama. Salah satu alasannya, seorang pakar matematika akan memegang peranan penting dalam hal menganalisa. Di dalam perusahaan-perusahaan besar berskala Internasional manapun yang namanya pakar analisa sudah pasti akan menempati posisi yang sangat strategis, dan memainkan peran yang sangat essensial, terutama dalam memberikan masukan-masukan kepada decision maker sebelum mengeluarkan sebuah kebijakan. Segala pertimbangan yang diberikan oleh seorang pakar analisis, terutama menyangkut hitung-hitungan bisnis, capabilities and resources perusahaan, profits yang kira-kira bisa dihasilkan serta pertimbangan aspek-aspek lainnya sudah pasti akan menjadi pertimbangan penting. Di sini peran ahli matematika memang tidak sendiri, ia juga akan melibatkan pakar IT atau pakar-pakar lainnya sesuai kebutuhan, namun dengan alasan-alasan yang diuraikan di atas, maka sangat masuk akal jika lulusan matematika memiliki bargaining position yang tinggi dalam meraih masa depan.

Untuk urutan nomor dua. Ina menempatkan jurusan Teknik Informatika sebagai jurusan yang memiliki masa depan cerah. Ina memberikan alasan yang masuk akal pada pilihannya ini, yaitu dengan melihat kemajuan teknologi yang kian pesat dewasa ini maka kondisi tersebut akan terus diikuti pula oleh semakin meningkatnya kebutuhan-kebutuhan perusahaan akan informasi. Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa informasi saat ini sudah menjadi aspek kebutuhan yang sangat mendasar demi menunjang berbagai macam kepentingan, termasuk kepentingan bisnis, baik itu yang bersifat jangka panjang maupun yang bersifat jangka pendek.

Berikutnya Ina menyebutkan jurusan Teknik Kimia sebagai jurusan yang juga bermasa depan cerah dan akan memberi penghasilan besar bagi lulusan-lulusannya. Ina mencontohkan beberapa sample produk yang melibatkan adanya campur tangan para pakar kimia, yaitu pasta gigi, sabun, shampoo, sabun cuci, dan sebagainya. Lebih lanjut Ina menjelaskan, bahwa dengan semakin tingginya faktor kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang tersebut, maka sudah pasti akan diiringi pula oleh semakin berlomba-lombanya para produsen dalam berusaha memenuhinya. Fenomena yang muncul kemudian adalah semakin meningkatnya persaingan di antara pelaku bisnis yang dalam hal ini adalah para produsen. Maka disinilah seorang ahli kimia akan memainkan peran yang sangat strategis demi menciptakan inovasi-inovasi produk unggulan terbaru demi menjawab persaingan pasar.

Selanjutnya Ina menyebutkan 4 jurusan lainnya yang memiliki peluang sangat besar untuk menunjang masa depan seorang lulusan Perguruan Tinggi jika diorientasikan pada sisi penghasilan atau gaji, yaitu Manajemen, Geologi, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan. 

Namun demikian, apapun itu jenis pekerjaannya, atau sehebat apapun lulusannya, satu hal yang tetap harus sangat diperhatikan adalah Soft Skills, yaitu kemampuan untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain secara baik dan efektif hingga terbangun suasana yang harmonis dan kondusif dimanapun lingkungan tempat kita berada dan bekerja.