Sabtu

PROSES PENDAFTARAN DAN PENYELEKSIAN SNMPTN



BUTUH GURU LES UNTUK ANAK ANDA?

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang pendaftarannya telah dibuka mulai tanggal 1 Februari merupakan proses seleksi berdasarkan potensi nilai akademik siswa yang dapat dilihat dari nilai raport siswa serta catatan prestasi selama mengikuti pendidikan di sekolah. Jadi dalam pola ini, proses penyaringan siswa akan dilakukan dengan menggunakan metode seleksi secara langsung oleh pihak perguruan tinggi terhadap siswa yang melamar.

Dalam proses penyeleksiannya, akan di awali lebih dulu dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa secara online oleh pihak sekolah, lalu selanjutnya setelah pengisian PDSS ini selesai, pihak sekolah yang bersangkutan akan diberikan password serta NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang kemudian akan dibagikan kepada setiap siswa yang hendak mengikuti SNMPTN. Selain NISN dan password yang merupakan syarat utama mengikuti SNMPTN, dalam pengisian data-datanya nanti para siswa yang mendaftar diwajibkan pula untuk melengkapi data-data prestasi akademiknya dengan menambahkan prestasi non akademik seperti misalnya prestasi di bidang olahraga ataupun kegiatan berkesenian yang berhasil mereka peroleh selama menjalani pendidikan. 

Sesuai ketentuan yang telah diberlakukan pada SNMPTN 2013 ini, siswa pelamar diberikan 2 alternatif pilihan dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri tujuan. Jika siswa pelamar memilih 1 PTN, maka siswa tersebut diberi kebebasan untuk memilih PTN manapun yang lokasinya terdapat di seluruh Indonesia. Namun jika siswa tersebut mendaftarkan diri pada 2 PTN, maka diwajibkan salah satu PTN yang dituju harus berada di lokasi yang sama dengan asal sekolah siswa tersebut. Sementara untuk pemilihan kategori program studi yang diminati, setiap siswa diperbolehkan untuk memilih dua program studi pada setiap PTN dengan skala prioritas pilihan yang nantinya akan dilihat berdasarkan daftar urutan yang dipilih oleh siswa bersangkutan. Dalam konteks ini, peran pihak sekolah adalah memberikan rekomendasi dengan melihat prestasi siswa tersebut selama menempuh pendidikan di sekolah.

Selanjutnya, setelah semua prosedur itu dipenuhi, baru kemudian siswa pelamar dapat mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Untuk tahun 2013 ini sebanyak 61 Perguruan Tinggi Negeri tercatat mengikuti program SNMPTN dengan jumlah kuota yang disediakan sebanyak kurang lebih 50% dari jumlah total penerimaan Perguruan Tinggi Negeri, sementara sisanya terbagi dengan cara melalui Jalur Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan bentuk ujian tertulis dan dilaksanakan setelah SNMPTN.
 
Setelah pendaftaran SNMPTN ditutup pada tanggal 8 Maret nanti, masing-masing PTN yang mengikuti program ini selanjutnya akan melakukan proses menyeleksian berdasarkan acuan data-data yang telah diisi oleh pihak sekolah dan siswa pelamar melalui website: http://snmptn.ac.id, dengan mempertimbangkan tiga indikator, yaitu prestasi akademik, kelayakan, dan perkiraan kemampuan siswa pelamar untuk dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.
Untuk nama-nama yang berhasil lolos penyeleksian akan diumumkan pada tanggal 28 Mei 2013 dengan jumlah nama sebanyak kurang lebih 160.000 orang.