Selasa

JURUSAN – JURUSAN DI DALAM PERGURUAN TINGGI


BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?


Sebelum memutuskan pilihan jurusan, seorang siswa yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sedikit banyaknya harus memiliki referensi tentang profile jurusan yang diminatinya. Tentang apa dan bagaimana, juga tentang harus kemana.

Teringat pengalaman dari beberapa orang, ketika ia akhirnya berhasil menyelesaikan kuliah dengan membawa ilmu-ilmu yang didapatnya lalu kemudian dihadapkan pada dunia kerja, ironisnya ia justru bingung bagaimana mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya tersebut di dalam dunia kerja, terlebih seperti kita ketahui bahwa yang namanya dunia kerja saat ini sudah “semakin flexible” ketimbang dugaan sebagian orang, terutama bagi mereka yang belum pernah terjun langsung ke dunia kerja. Sebagai contoh saja misalnya, di dalam praktek dunia kerja sudah sering kita temui orang-orang yang menggeluti suatu jenis pekerjaan, namun ternyata apa yang ia geluti tersebut sangat bertolak belakang dengan background ilmu pendidikan yang dipelajarinya semasa duduk di bangku kuliah. Alasan sederhananya adalah karena tuntutan kondisi, sehingga memaksanya untuk “menyimpang” dan mengesampingkan cita-cita.

Di sinilah kita harus bisa memahami kenapa di awal uraian tadi disebutkan tentang pentingnya untuk mengetahui lebih dahulu profil jurusan yang ingin kita masuki, termasuk juga tentang kemana saja arah yang bisa dituju dengan membawa bekal ilmu-ilmu yang dipelajarinya tersebut. Ada sebuah nasehat yang mungkin juga layak untuk dijadikan sebagai sebuah prinsip, “langkah awal akan menentukan langkah selanjutnya”, memilih jurusan yang tepat akan sangat bermanfaat untuk masa depan kita kelak.

Berikut adalah profil beberapa jurusan yang terdapat di perguruan tinggi termasuk prospeknya di dunia lapangan kerja:

ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL
Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang bagaimana hubungan antar negara-negara di dunia sebagai State, namun juga mempelajari tentang interaksi aktor-aktor yang terlibat di dalamnya, baik itu atas dasar kepentingan yang mengatasnamakan negara, maupun yang mengatasnamakan kepentingan non-negara.

Di dalam mata kuliahnya nanti, ilmu-ilmu yang dipelajari menyangkut banyak aspek, baik itu aspek ekonomi, politik, sosial-budaya, hankam, hukum hingga hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan administrasi negara, termasuk juga nanti akan mempelajari ilmu matematika yang terangkum di dalam mata kuliah statistik sosial. Secara general, jurusan ini mempelajari banyak ilmu namun tidak bersifat mendalam seperti halnya yang dipelajari di jurusan-jurusan yang lebih spesifik lagi. Seperti jurusan hukum misalnya. Pelajaran tentang ilmu hukum di dalam jurusan Hubungan Internasional presentasenya jauh lebih kecil ketimbang ilmu hukum yang dipelajari di Fakultas Hukum.

Dalam pendidikannya, studi Ilmu Hubungan Internasional terbagi ke dalam 3 kelompok kajian utama yaitu: Teori dan Metodologi Hubungan Internasional, Ekonomi Politik Global dan Hukum Organisasi Internasional. Pengelompokan ini didasarkan pada klasifikasi tingkat ketertarikan mahasiswa terhadap profesi tertentu. Misalnya, untuk kelompok kajian Teori dan Metodologi Hubungan Internasional ditujukan pada mereka yang ingin berkarir sebagai peneliti, wartawan dan pegawai di lembaga-lembaga atau organisasi internasional.

Untuk kajian Ekonomi Politik Global ditujukan pada mereka yang arah ketertarikannya lebih kepada karir-karir di bidang ekonomi, dan yang terakhir, untuk kelompok kajian Hukum dan Organisasi Internasional kecenderungannya ditujukan bagi mereka yang ingin menjalani profesi sebagai Internasional Officer, misalnya, diplomat karir di Kementerian Luar negeri.

Selain prospek karir yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi peluang yang tersedia bagi lulusan jurusan ini, di antaranya; Public Relations Officer, Penerjemah, Penyunting Naskah, Presenter, Event Organizer, Akademisi, Politisi, Birokrat, Peneliti/Analis, Jurnalis, Bankir, Pelaku bisnis Transnasional, Konsultan Internasional.

Gelar yang akan disandang bagi lulusan jurusan ini adalah Sarjana Ilmu Politik (S.IP).

AKUNTANSI
Jurusan yang tergabung di dalam Fakultas Ekomoni bersama-sama dengan jurusan Managemen dan Ilmu Ekonomi-Studi Pembangunan ini merupakan jurusan yang memfokuskan kajiannya pada aspek-aspek yang berkaitan dengan financial, mulai dari proses pencatatan, pengklasifikasian sampai dengan membuat rangkuman financial yang berhubungan dengan berbagai macam transaksi, yang tujuannya adalah untuk memudahkan pemahaman bagi siapapun yang berkepentingan di dalamnya.

Dalam ilmu akuntansi terdapat beberapa sub-bidang seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah dan Perpajakan yang mana semua lulusannya nanti diharuskan memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan Intellectual skills, Technical and functional skills, Personal skills, Interpersonal and communication skills dan Organizational and business management skills dengan tingkat kompetensi yang merujuk pada standar internasional pendidikan akuntansi (International Education Standards/IES) seperti yang telah ditetapkan oleh International Federation of Accountants (IFAC).

Untuk prospek karirnya sendiri, seorang Akuntan -sebutan karir bagi para lulusan jurusan akuntansi- dapat memulai kariernya, misalnya sebagai seorang Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik, Analis sistem/proses bisnis, atau bisa juga langsung menduduki posisi Manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi, Perpajakan, dan Keuangan di berbagai perusahaan bisnis swasta, maupun di instansi-instansi pemerintahan.
Gelar yang akan disandang bagi lulusan jurusan ini adalah Sarjana Ekonomi (SE).

KOMUNIKASI
Jurusan Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang terdapat di dalam Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) selain jurusan Ilmu Perpustakaan.
Jurusan Komunikasi itu sendiri terbagi ke dalam 3 konsentrasi yaitu:
1.        Ilmu Jurnalistik, yaitu ilmu yang memfokuskan mahasiswanya ke bidang pemberitaan dan pencarian informasi, dimana nanti para mahasiswa akan dikonsentrasikan pada penguasaan aspek-aspek yang berkaitan dengan media informasi; televisi, radio, media cetak.
2.       Ilmu Hubungan Masyarakat atau Humas, yaitu ilmu yang menitikberatkan pada pemahaman dan penguasaan berbagai aspek filosofis, teoritis dan berbagai ketrampilan yang berkaitan dengan kehumasan.
3.       Ilmu Managemen Komunikasi, yang dalam konsentrasinya dititikberatkan untuk mendidik para mahasiswanya agar memiliki kemampuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan pengembangan konsep dan design, bisnis media, komunikasi pemasaran serta penguasaan teknologi komunikasi.

Dewasa ini, dengan semakin berkembangnya media informasi, maka kebutuhan akan tenaga kerja yang berbekal ilmu dan kemampuan di bidang Jurnalisme juga semakin tinggi. Mulai dari media cetak, radio sampai media televisi, baik yang bersifat lokal maupun nasional. Mereka dapat memulai karir sebagai reporter, announcer, dokumenter sampai dengan menjadi produser pemberitaan. Karir mereka masih akan terus terbuka selama dunia masih membutuhkan berita.

Sementara untuk mahasiswa yang mengkonsentrasikan dirinya di bidang kehumasan, para lulusannya nanti dapat berkarir sebagai Humas atau Public Relation, baik itu di perusahaan-perusahaan swasta ataupun di instansi-instansi pemerintah.
Dan bagi yang mendalami bidang Managemen Komunikasi, peluang karir mereka pun terbuka lebar di berbagai perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri media, dimana mereka nantinya akan dapat mengaplikasikan berbagai bekal kemampuan yang dimilikinya dalam pembuatan konsep, design ataupun kemampuan-kemampuan lainnya. 

Lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi ini nantinya akan menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).

JURUSAN BIOLOGI
Jurusan Biologi masuk ke dalam program studi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang mempelajari tentang prinsip-prinsip dasar dan konsep yang berkaitan dengan bidang ilmu biologi. Dalam pendekatannya nanti, jurusan Biologi mencakup tiga keilmuan yaitu:
1)      Botani
2)     Zoologi
3)      Mikrobiologi

Sebagai bagian dari FMIPA yang mempelajari ilmu dasar, program studi Biologi mencoba mengembangkan keilmuannya pada tiga bidang minat utama, yaitu:
1)      Biologi Sains
2)     Biologi Lingkungan
3)      Bioteknologi. 

Kurikulum di jurusan Biologi berbasis kepada prinsip-prinsip ilmu dasar biologi seperti biosistematika, struktur dan perkembangan hewan, dasar-dasar ekologi, dan lainnya.
Dan pada bidang penelitian, keunggulan program studi Biologi adalah dalam hal kemampuan mengeksplorasi sumber daya alam dan hayati baik itu pada hewan, tumbuhan, mikrobiologi dan interaksinya di dalam lingkungan serta layanan ekosistem.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sarjana Sains (S.Si)

Untuk prospek lapangan pekerjaannya sendiri banyak tersebar di berbagai sektor, baik sektor pemerintah, sektor swasta maupun di sektor Mandiri, LSM/NGM’s. Untuk lebih jelasnya, prospek lapangan pekerjaan bagi para lulusan ilmu Biologi diklasifikasikan sebagai berikut:

> Prospek lapangan pekerjaan di sektor Pemerintahan:
1)      Satu bidang atau linear, seperti lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dan lembaga-lembaga uji (BPOM, Biofarma, Bidang pendidikan).
2)     Serumpun dan lintas bidang, seperti pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan, farmasi, kesehatan, kedokteran, pertambangan,  energi dan mineral, juga di lembaga-lembaga keuangan atau perbankan.

> Prospek lapangan pekerjaan di Sektor Swasta :
1)      Satu bidang/linear: Bidang Farmasi, Bidang pendidikan, Bidang Laboratorium Klinis,  dll.
2)     Serumpun dan lintas bidang: pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan, farmasi, kesehatan,  pertambangan,  lembaga keuangan, perbankan, dll.

> Prospek lapangan pekerjaan di Sektor Mandiri dan LSM/NGO’s:
1)      Budi daya tanaman,  budidaya hewan ternak, LSM Kesehatan seperti NAMROE, FAO, WHO, UNEP, UNDP, dll, LSM Lingkungan seperti WWF, IUCN, Burung Indonesia, Wetland Indonesia, CIFOR, BICONS, dll.

JURUSAN MATEMATIKA
Seorang pakar Matematika dengan kemampuan abstraksi dan nalarnya yang tinggi, memiliki peran yang signifikan di dalam membantu penyelesaian di berbagai aspek kehidupan, pengembangan ilmu dan teknologi.

Di dalam proses pendidikannya, jurusan Matematika terbagi ke dalam dua kelompok berdasarkan konsentrasi ilmunya, yaitu:
a.       Matematika Murni, yang berkonsentrasi pada Analisis, Geometrid dan Aljabar.
b.      Matematika Industri dan Lingkungan, yang berkonsentrasi pada Matematika Keuangan dan Aktuaria, Matematika Biologi dan Lingkungan, Komputasi Matematika, Riset Operasi dan Pemodelan Stokastik.

Gelar yang diperoleh untuk para lulusannya adalah Sarjana Sains (S.Si)

Bagi para lulusannya, seorang Sarjana Sains telah banyak tersebar di berbagai instansi dan perusahaan, baik milik pemerintah maupun yang bergerak di sektor swasta. Untuk sektor pemerintah sebagai contoh misalnya: BATAN, LIPI, LAPAN, Telkom, PLN, PAM, Rumah Sakit, dsb.
Sementara untuk prospek lapangan kerja yang tersedia di sektor Swasta di antaranya adalah: Chevron, Mobil Oil, Caltex, dan lain sebagainya.

JURUSAN STATISTIKA
Jurusan ini mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan proses pengumpulan data (sampling), pengolahan data, penyajian data, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data-data yang diperoleh.
Di dalam pendidikannya, jurusan Statistik dititikberatkan pada peningkatan kompetensi mahasiswanya dengan tujuan agar para lulusannya nanti dapat selalu mampu menjawab berbagai tantangan pekerjaan yang terus bergerak cepat, dimana seiring dengan itu pun mereka juga dituntut untuk harus selalu menggali kreativitas dan inovasi.

Terdapat empat hal mendasar yang dititikberatkan di dalam jurusan statistik guna meningkatkan kompetensi mahasiswanya, yaitu:
1)      Strong Basic Statistics, yaitu mendidik mahasiswa agar memiliki kompetensi dalam proses pengumpulan data, pengeksplorasian data, menganalisis data dengan menggunakan metodologi dan teori. Juga memberi pemahaman tentang bagaimana pengaplikasian teori dan metodologi yang dipelajari ke dalam kasus yang sifatnya riil secara mandiri.
2)     Excellent Soft Skill, yaitu melatih mahasiswa agar berkompetensi dalam berkomunikasi dan beradaptasi dalam suatu kelompok kerja, tetap mampu berinisiatif meski berada di bawah tekanan sekalipun.
3)      Entrepreneurship, yaitu mendidik mahasiswa agar memiliki berkompetensi dalam hal integritas, kejujuran, dan manajerial.
4)     Computation Skill, yakni memaksimalkan kemampuan mahasiswa dalam memanfaatkan software statistic, programming, dan simulasi untuk memproses data.

Masih terkait dengan hal di atas, jurusan Statistik juga mengembangkan tujuh bidang minat yang terdiri atas:
1.        Aktuaria dan Keuangan
2.       Biomedis
3.       Multivariate
4.      Regresi dan Time Series
5.       Data Kategori
6.       Riset Operasi, Desain Eksperimen, dan Quality Control
7.       Non Parametrik.
Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sarjana Sains (S.Si).

Dalam pengaplikasian ilmu-ilmu yang dipelajarinya, para lulusan jurusan Statistik dapat bekerja di berbagai sektor, di antaranya adalah: Marketing Research, Perbankan, Data Analyst, Pendidikan, Research Analyst, Asuransi, Teknologi Informasi, Advertising, Konsultan, Finance, Total Quality Management, Analisis Bisnis, Bisnis Perdagangan Umum, Broadcast, Chemical, Ekonomi, Industri Food & Beverage, Information Technology, Inventory Control, Media, Mitra Statistik di BPS, Pemerintahan, Research of Business, Retail Funding, Textile Manufacture , dan Software Development.

ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN
Di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, mahasiswa akan diberikan wawasan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan sosial dan ekonomi di negara berkembang, yang akan membantu mahasiswanya agar mengembangkan kemampuannya sebagai seorang pengambil keputusan yang lebih baik di dunia bisnis, maupun untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kelak, bagi para lulusannya, jurusan ini akan membekali mereka dengan berbagai kompetensi yang di antaranya adalah:
a)      Mampu memecahkan masalah ekonomi dengan menggunakan penalaran analitis yang logis dan ilmiah.
b)     Menerapkan analisis ekonomi untuk berbagai macam isu ekonomi dengan menggunakan teori dasar ilmu ekonomi dan teknik dasar estimasi empiris untuk menguji prediksi ekonomi
c)      Mampu memahami dan mengevaluasi kebijakan pemerintah dan kaitannya terhadap dunia usaha.
d)     Mampu mengkomunikasikan analisis ekonomi dengan cara yang koheren di jurnal ilmiah  ataupun di media masa.

Gelar yang akan diperoleh untuk para lulusan adalah adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

Untuk peluang kariernya sendiri, para lulusan dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini memiliki prospek kerja yang luas di berbagai instansi pemerintah, sebagai contoh misalnya, BPK, Bappenas, Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, atau di berbagai Lembaga-Lembaga Penelitian.

TEKNIK PERTANIAN

Jurusan Teknik Pertanian ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu keteknikan, pertanian, ekonomi, manajemen dan lingkungan sehingga mampu untuk menerapkannya dalam memecahkan permasalahan yang ada di dunia kerja baik secara mandiri maupun berkelompok. Materi diberikan dalam bentuk kuliah, praktikum, praktik lapang, field-trip dan penelitian dengan pembimbingan yang intensif. Selain itu soft-skill yang telah ditanamkan sejak awal, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan sehingga setelah lulus diharapkan mampu untuk bekerja secara mandiri.

Pada bagian akhir studinya, mahasiswa jurusan teknik Pertanian akan menentukan bidang keahlian atau spesialisasinya. Spesialisasi ini ditandai dengan mata kuliah pilihan, PKL dan penelitian skripsi. Idealnya ketiga hal ini sejalan sehingga materinya saling menunjang dan mahasiswa mendapatkan spesialisasinya secara utuh. Bidang kajian tersebut yaitu Alat dan Mesin Pertanian, Teknik Tanah dan Air, Sistem dan Manajemen Industri Pertanian, Pasca Panen dan Teknologi Proses.

Lulusan Program Studi Teknik Pertanian berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (STP.)

Dengan kompetensi yang dimilikinya, lulusan jurusan Teknik Pertanian diperlukan untuk menempati berbagai posisi penting baik di instansi pemerintah, perkebunan, lembaga penelitian, industri hasil pertanian, information technology, konsultan teknik dan lingkungan, perbankan maupun wirausahawan mandiri.