Jumat

SMA NEGERI 81 – JAKARTA TIMUR



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Pada awal berdirinya, SMAN 81 merupakan bagian dari Sekolah Teladan Laboratory School (Labschool) yang didirikan oleh Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta. Labshool itu sendiri pada awal didirikannya diperuntukan sebagai tempat praktek mengajar bagi para mahasiswa IKIP, penelitian dosen serta sebagai tempat ber-inovasi di dalam bidang pendidikan. Dengan latar belakang peruntukannya tersebut, maka Labschool ketika itu terdiri dari beberapa tingkat pendidikan yaitu: TK, SD, SMP, SPG sampai dengan tingkat SMA.

Baru pada tahun 1986 berdasarkan SK Pemerintah bernomor 0217/V/1986 tertanggal 21 Januari 1986, diputuskan untuk mengalihkan pengelolaan sekolah ini kepada Kanwil Depdikbud DKI Jakarta yang mana selanjutnya sekolah ini pun berganti nama menjadi SMA Negeri 81 Jakarta dan menempati sebuah gedung baru yang didirikan di daerah Kalimalang Jakarta Timur, tepatnya di jalan Kartika Eka Paksi, KPAD Jatiwaringin.

Seiring dengan semakin meningkatnya prestasi yang berhasil diraih oleh para siswanya, pada tahun 2003 melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Dikmenti Propinsi DKI Jakarta bernomor 017/2003, SMAN 81 ditunjuk sebagai Sekolah Plus yang mengemban tugas sebagai Agent Of Excellent bagi sekolah-sekolah yang berada di seluruh propinsi DKI Jakarta.

Program pendidikan yang diterapkan di sekolah ini mengacu pada kurikulum differensiasi yaitu berupa penekanan pada materi essensial sehingga memberikan kesempatan bagi para siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk dapat menyelesaikan masa pendidikannya dalam waktu yang lebih cepat (2 tahun). Program percepatan masa pendidikan yang dinamakan program akselerasi ini dalam pelaksanaannya berlandasan hukum pada Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pasal 135.

Sebagaimana sekolah-sekolah bertaraf internasional lainnya, SMAN 81 juga terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya dengan melengkapi berbagai fasilitas pendukung guna membantu proses belajar mengajar, di antaranya adalah: Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Kimia, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Laboratorium Internet, Ruang Audio Visual, Perpustakaan, LCD Projector di tiap kelas, OHP di tiap kelas.

Selain belajar secara umum di dalam kelas, para siswa juga dapat belajar secara langsung dari berbagai sumber di lapangan melalui kegiatan outbound atau karya wisata, yang biasanya dilaksanakan pada setiap semester dan akhir tahun pelajaran.

Bagi siswa yang membutuhkan perlakuan khusus karena satu dan lain hal, sekolah ini siap memberikan bantuan klinik mata pelajaran dan pengayaan baik secara individu ataupun secara kelompok agar dapat mencapai target nilai akademik yang diharapkan.

Selain berbagai fasilitas akademik, sekolah yang terdiri dari 20 kelas (RSBI), 2 kelas akselerasi dan 3 kelas internasional ini juga memberi perhatian penuh terhadap banyak hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan non-akademik. Di bidang keagamaan misalnya, pihak sekolah mendirikan sebuah mesjid yang bernama Al-Quds dan Ruang Kapel Protestan dan Katolik. Sementara di bidang olahraga disediakan 2 buah lapangan Basket yang juga dirangkap fungsikan sebagai lapangan Bulutangkis dan lapangan Volley.

Dan bagi siswa-siswi yang berminat untuk menjadi seorang Announcer  atau mungkin bercita-cita untuk kelak terjun ke dunia Broadcast, di sekolah ini juga dilengkapi ruang radio sekolah sebagai tempat untuk berekspresi, selain juga dapat difungsikan sebagai salah satu media komunikasi umum di antara siswa sekolah maupun di antara siswa sekolah dan guru, yang mana untuk pengelolaan dan operasionalnya melibatkan langsung para siswa, tentunya juga tetap di bawah bimbingan dan pengawasan guru.

Untuk para siswa yang memiliki minat di bidang sinematografi, di SMAN 81 juga terdapat ekstra kurikuler Sinematografi yang bernama Cinema81. Di kegiatan ekstra kurikuler ini para siswa akan diajarkan bagaimana cara memproduksi film, dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Sebagai bukti kreatifitas, siswa-siswa yang tergabung dalam Cinema81 ini telah menghasilkan beberapa karya film pendek yang dapat disaksikan di channel youtube dengan nama pengguna cinema8satu.