Rabu

UJIAN NASIONAL (UN) SD AKAN DIHAPUS TAHUN DEPAN

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

Ujian Nasional sekolah dasar (SD) akan dihapus mulai tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang telah disahkan oleh SBY pada minggu lalu.

Ibrahim Bafadal selaku Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  berkata bahwa walaupun UN SD dihapus, tidak berarti tidak ada metode evaluasi lain oleh murid-murid yang duduk di bangku SD ini untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya.

ibrahim mengatakan bahwa betul ada Peraturan Pemerintah seperti itu. Tetapi tidak berarti UN dihapus dan tidak ada tes sama sekali. tidak seperti itu.

mulai tahun ajaran berikutnya murid-murid Sekolah Dasar sudah tidak lagi ditakuti oleh Ujian Nasional. tetapi hal ini tidak berlaku untuk siswa-siswi SMP dan SMA. UN untuk tingkat SMP dan SMA tetap ada seperti tahun-tahun sebelumnya. Penghapusan ini erat hubungannya dengan program pemerintah yaitu wajib belajar 9 tahun dan kurikulum 2013 yang akan segera laksanakan pada bulan Juli ini.

walaupun demikian, Ibrahim mengatakan bahwa format evaluasinya nanti dapat urus oleh daerah. pastinya penghapusan UN ini tidak akan mengurangi sistem evaluasi pada tingkat Sekolah Dasar. Pasalnya, setiap tingkat pendidikan memang harus ada sistem evaluasi belajar.