Senin

DAMPAK NEGATIF MEDIA KOMPUTER



BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?

JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya. Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi seperti komputer, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya. 

Melalui media komputer, seseorang dapat mengakses berbagai sarana seperti program office, design, movie, games, dan internet. Begitu dahsyatnya kelebihan, kemudahan, dan kesenangan yang ditawarkan oleh sarana-sarana tersebut, ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif dalam penggunaan komputer. Di antaranya adalah dampak sosial dan dampak bagi kesehatan, antara lain: Dampak sosial dan psikologis, gangguan kesehatan, dan termasuk gangguan terhadap keberlangsungan pendidikan individunya.

Untuk dampak sosial dan psikologis, antara lain terjadinya ketergantungan penggunanya terhadap komputer, dimana tingkat ketergantungannya tersebut akan membuat penggunanya seolah-olah merasa menemukan dunianya sendiri, hal ini secara otomatis akan membuatnya menjadi jauh dengan dunia nyata, dengan lingkungan dan kehidupan sosialnya. Dan akan menjadi sangat berbahaya lagi apabila tingkat ddict-nya sudah membuat dia menjadi jauh dengan keluarga di dalam rumahnya sendiri. 

Dampak lainnya adalah munculnya sikap-sikap yang tidak biasa sebagai akibat dari sugesti dari apa yang dilihatnya, mialnya sikap-sikap berupa kekejaman, sadis atau asusila. Sebagaimana kita ketahui, komputer merupakan salah satu perangkat yang dapat dimanfaatkan sebagai akses internet, dan dengan adanya internet maka akan memberi akses yang hampir tidak terbatas untuk menjelajahi dunia, dan apapun dapat ditemukan disana, termasuk situs-sius yang memberikan informasi ataupun tayangan kekejaman, pemerkosaan dan kesadisan. Bagi sebagian orang yang kehidupan sosialnya buruk biasanya akan memiliki kecenderungan kuat untuk mudah terpengaruh pada apa yang dilihatnya, sehingga rentan timbul keinginan-keinginan untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, effect negatif yang tidak kalah buruknya yaitu membuat penggunanya, apabila sudah keranjingan komputer akan membuatnya menjadi individu yang anti-social behavior atau tidak peduli pada lingkungan sosial, dia akan menjadi tipikal orang yang tidak memiliki kepedulian pada apa yang terjadi di lingkungannya, sehingga langsung ataupun tidak langsung akan membentuknya sebagai pribadi yang kemampuannya baik secara interpersonal maupun emosional tidak akan berkembang secara optimal. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stonford Institution for The Quantitative of Society didapati kesimpulan bahwa semakin sering seseorang menggunakan komputer termasuk di dalamnya media internet, maka akan membuat orang tersebut menjadi sulit alam menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, yang pada akhirnya akan menjadikannya sangat individualis.