Minggu

UNDIP Mengadakan Kuliah Pendidikan Karakter


BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT


UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang, menargetkan mata kuliah mengenai pendidikan karakter kepada mahasiswa-mahasiswinya paling sedikit 10 jam belajar dalam 1 semester.

Warsito, selaku Pembantu Rektor III Undip di Semarang, mengatakan bahwa Setiap program studi dihimbau untuk mengajarkan materi mengenai pendidikan karakter minimal 10 jam tiap semester. Untuk Sementara, hal ini diterapkan untuk mahasiswa baru UNDIP.

Menurut warsito, pemberian materi tentang pendidikan karakter itu tidak hanya dilakukan melalui belajar di dalam kelas, tetapi yang terpenting yakni pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui kebiasaan-kebiasaan dan peneladanan.

Ia juga menjelaskan bahwa mahasiswa-mahasiswi baru pada saat pertama kali masuk kuliah harus mengikuti materi pendidikan karakter dalam 3 hari sebagai bekal sesudah mahasiswa-mahasiswi baru tersebut menjalani masa ospek.

Waskito berkata bahwa Maba (Mahasiswa baru) Undip masuk kuliah tanggal 26 Agustus 2013. Dalam 3 hari pertama mereka mengikuti orientasi mengenai akademik. Pada tanggal 29-31 Agustus 2013 mereka akan diberikan bekal pendidikan karakter.

walaupun telah mendapatkan bekal pendidikan karakter saat hari pertama masuk kuliah selama 3 hari tersebut, Waskito tidak ingin penanaman pendidikan karakter berhenti sampai disitu saja, tetapi harus tetap diberikan secara berkesinambungan.

“Minimal harus ada semacam assessment yang rutin untuk mengawasi perilaku mahasiswa-mahasiswi di kampus sehari-hari. contohnya cara menghormati dosen, kawannya, membuang sampah pada tempatnya," kata Waskito