Sabtu

ITS kembali menjadi Juara Umum IEMC 2013

BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT



Peserta lomba dari ITS meraih juara umum lomba mobil hemat bbm bertema Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013. Kompetisi ini diikuti oleh 53 tim dari 30 universitas-universitas yang ada di seluruh Indonesia. kompetisi ini diadakan di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 15-17 November 2013.

Kenan Sihombing, selaku Sekretaris Panitia Pelaksana IEMC 2013, mengatakan bahwa akibat hasil 'race' saat terakhir pada lomba irit (mobil hemat) tersebut, tim ITS mendapatkan 4 dari 6 kelas (dua kategori) yang diikut lombakan.
   
dia mengatakan juga bahwa pada kategori prototipe, tim ITS meraih peringkat ke 1 pada kelas diesel dan kelas bensin meraih peringkat ke 2. Akan tetapi dalam kelas listrik, tim ITS dapat dikalahkan oleh tim dari UI dan UPI.
      
kenan mengatakan bahwa Panitia juga memberikan hadiah untuk juara best design, best video, dan best team yang akan ditentukan pada penutupan acara di Gedung Robotika ITS Surabaya.
  
IEMC telah 2 kali diselenggarakan Jurusan Teknik Mesin ITS dengan support dari Dirjen Dikti Kemendikbud, yakni pada tahun 2012 dan 2013. Pada kedua kompetisi, ITS selalu meraih gelar juara umum.
   
Pada saat terakhir IEMC 2013 yang disaksikan oleh Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tim Apatte 62 Brawijaya Team 1 kelas proto listrik terjadi kegagalan "race" karena terjadi kesalahan teknis. Prototipe mobil mereka menabrak balon gate start