Selasa

PERKOKOH BAHASA INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL

Posisi Indonesia di dunia internasional sangatlah penting. Indonesia menduduki peringkat 16 besar dalam bidang ekonomi di dunia dan telah menjadi anggota G-20. Pada tahun 2030 nanti, diharapkan Indonesia menduduki peringkat 7 besar di dunia. Peranan penting tersebut harusnya diikuti peran dari bidang lain, seperti politik, sosial dan budaya, termasuk juga bahasa Indonesia.

Mohammad Nuh, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) berkata bahwa supaya memperkokoh peran bahasa Indonesia di dunia internasional. Nuh juga mengatakan bahwa bahasa Indonesia bukan cuma dipakai sebagai bahasa lokal (dalam negeri), tetapi juga bisa dipakai untuk berbicara dengan orang luar negeri. hal ini tidak bermaksud Indonesia ingin menguasai dunia. Akan tetapi indonesia ingin memberikan image yang baik pada kemajuan bangsa. 


BUTUH GURU LES PRIVAT UNTUK ANAK ANDA?
JIKA ANDA MENCARI GURU PRIVAT, SILAHKAN KLIK LES PRIVAT

 
pertemuan yang akan diadakan pada tanggal 28-31 Oktober ini mempunyai tema "Penguatan Bahasa Indonesia di Dunia Internasional". Jumlah orang yang ikut serta pada kongres ini sejumlah 1.168 orang yang antara lain pakar, praktisi, pengamat, dosen, guru, mahasiswa dan juga pencinta bahasa dan sastra, baik dari indonesia maupun Negara lain. perwakilan-perwakilan dari luar negeri yang diundang yaitu Ketua Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia, Ketua Dewan Bahasa dan Pustaka Brunei Darussalam, perwakilan Singapura, Timor Leste, Jepang, Rusia, Jerman, Belgia, Australia, dan Pakistan.

M.Nuh mengatakan bahwa salah satu cara agar bahasa Indonesia lebih kokoh yaitu dengan menanamkan rasa cinta kepada bahasa Indonesia, memperkokoh guru bahasa Indonesia, dan memperbanyak ruang-ruang ekspresi misalnya menampilkan puisi, drama, dan teater.

langkah yang Tidak kalah penting juga yaitu melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga bahasa asing di seluruh dunia misalnya British Council, Centre Culturel Francais (CCF) Perancis, dan Goethe Institut Jerman

Mendikbud menyebutkan, sekarang ini bahasa Indonesia telah mempunyai jumlah penutur terbesar keempat di dunia hal ini dikarenakan jumlah orang Indonesia sebesar 240 juta dari 7,2 miliar orang di dunia. Bahasa Indonesia juga dipelajari di sekitar 45 negara lain.